Monday, 16 January 2012 02:31

Kelezatan Aroma Palembang di Jakarta

Written by

Senja itu, kebetulan saya berada di kawasan Jakarta Pusat. Melewati Jl. Veteran I, tepat di belakang sebuah hotel, tampak jajaran aneka empek-empek pada sebuah etalase seolah menggoda lidah untuk mampir.

Pondok Wong Palembang namanya. Tanpa ragu, saya memesan empek-empek jenis kapal selam (berukuran bundar besar dengan isi telur), sedangkan kawan yang bersama saya memesan empek-empek campur (terdiri dari adaan, keriting, pastel, lenjer, telur, dan kulit). Harga satu porsi empek-empek kapal selam Rp 12.500 dan empek-empek kecil lainnya Rp 4.000. Menjelang malam, restoran pun semakin dipenuhi para pegawai kantoran. Yang mengherankan, tak banyak dari mereka yang memesan empek-empek.

Dua mangkuk empek-empek kami datang. Setelah menyiramnya dengan kuah yang agak encer, kami segera menyantapnya selagi hangat.

Rasanya tidak terlalu spesial. Empek-empek kurang terasa gurih dan tidak lembut. Kami akhirnya menyadari mengapa tak banyak dari pelanggan yang memesannya. Tetapi tentu saja, pasti ada yang menarik dari restoran khas Palembang ini.

Tak puas dengan empek-empek, tanpa segan kami bertanya pada seorang pelayan mengenai menu yang menjadi favorit. Ia bilang bahwa di sini pindang (dengan pilihan ikan patin, ikan baung, ikan belida, iga sapi, dan udang) sangat disukai, juga mi celor. Kami pun percaya pada pilihan sang pelayan yang ramah tersebut dengan memesan masing-masing satu porsi untuk pindang dan mi celor.

Tak lama, pindang pesanan kami datang. Disajikan tanpa piring atau mangkuk, melainkan stainless steel pot (semacam penggorengan kecil) dengan lilin di bawahnya sehingga asap terus mengepul. Aromanya begitu harum dengan kuah kental yang memikat. Setelah mencicipinya, baru kami tahu mengapa Pondok Wong Palembang menjadi pilihan tepat untuk masakan Palembang selain empek-empek. Kuahnya agak asam dan pedas, namun sangat gurih.

Mi celornya juga unik dengan isian mi kuning besar, tauge, telur, dan udang. Sungguh perpaduan yang nikmat antara kelezatan aroma laut dan rempah-rempah khas Sumatera. Harga seporsi pindang dimulai dari Rp 22.500 hingga Rp 45 ribu dan Rp 15 ribu untuk semangkuk mi celor.

Saya pun menyadari bahwa makanan enak dari Palembang, ternyata bukan hanya empek-empek. Dan untuk menikmati hidangan spesial asal Palembang selain empek-empek, memang di sinilah tempatnya.

Pondok Wong Palembang

Jl. Veteran I No. 12 A, Jakarta Pusat

Jl. Yusuf Adiwinoto No. 33 Menteng, Jakarta Pusat

Telpon 021-386 5758

Read 77 times