Wednesday, 15 June 2011 03:19

Sambal Dadak Super Pedas Bu Imas

Written by

Berwisata ke Bandung, jangan lupa mampir ke Warung Nasi Ibu Imas. Semua menu ditemani dengan sambal yang super pedas dan lezat, yaitu sambal dadak dan sambal karedok leunca dan lalapan segar. Meski hidangan yang disajikan biasa, tapi sambal spesialnya membuat siapa pun nagih datang lagi.

Sebenarnya hidangan di Warung Nasi Ibu Imas tidak terlalu istimewa juga karena banyak dijual di tempat lain. Pilihan utamanya hanya nasi putih dan aneka lauk, seperti ayam bakar, ayam goreng, pepes ikan, empal, otak goreng, bakwan udang, bakwan jagung, tahu dan tempe bacem, serta macam-macam gorengan lainnya. Konsep warungnya juga sangat sederhana, seperti warteg.

Inilah yang diidam-idamkan, yaitu sambal yang tersaji dengan lauk dan lalapan di atas meja secara terbuka. Mejanya memanjang mengelilingi pelayan yang siap melayani kedatangan Anda. Saat datang, langsung ditanya nasi berapa dan lauknya apa? Tiinggal menunjuk lauk yang berjejer di atas meja, kemudian pelayan akan menggorengnya. Meski cukup ramai, tapi pelayanannya tidak terlalu lama, sekitar 5 menit hidangan siap dinikmati hangat. Di atas meja juga sudah tersedia sambal dadak, sambal karedok leunca, lalapan segar dan teh tawar panas. Sambal dadak ini yang jadi favorit. Terlihat kalau sambalnya dibuat dari bahan mentah segar dengan aroma terasi yang dominan. Sementara sambal karedok leunca-nya tidak begitu pedas. Sambal inilah yang jadi ikon warung kuliner Sunda milik Bu Imas. Lalapan khasnya adalah daun tespong, daun yang agak asam dengan aroma mirip daun kedondong atau mangga muda.

Tidak sulit menemukan warung ini, letaknya persis di depan ITC Kebon Kelapa. Warungnya berada di pojok perempatan, bagian barat menghadap Jl. Balong Gede (menghadap Jl. Pungkur). Tak jauh dari sini juga terdapat dua cabang lainnya, masih di Jl. Balong Gede ke arah utara, satu cabang berada di kiri jalan dan satunya di kanan jalan. Hebatnya, meski berdekatan, ketiganya selalu ramai pengunjung, apalagi pada jam makan siang dan malam. Dijamin antri dan berdesakan!

Merasakan pedasnya sambal dadak sambil menyeruput teh tawar panas, benar-benar paduan yang serasi dan nikmat.

Warung Nasi Ibu Imas

Jl. Pungkur 81

Kebon Kelapa Bandung

Telp. 022 42396

Read 76 times