Monday, 20 December 2010 03:36

Si Hitam Putih yang Lazis

Written by

Lamang tapai. Itulah nama makanan yang ada di gambar ini dan sudah saya nikmati beberapa hari lalu. Penasaran? Tak perlu ke Sumatera Barat, hidangan ini ada juga di Jakarta.

Bagi Anda yang berada di Jakarta, tidak perlu repot-repot harus mengunjungi Sumatera Barat untuk bisa mencicipi legitnya kenikmatan lamang tapai. Cukup dengan mampir ke kawasan Pasar Benhil atau Bendungan Hilir dan sepanjang pedestrian sekitar Senen menjelang sore hingga malam hari. Di sanalah berjajar tenda kaki lima yang khusus menjual lamang tapai yang diramaikan dan dipenuhi para penikmatnya.

Di Sumatera Barat, lamang tapai merupakan makanan cemilan atau snack yang biasa dimakan setelah makan besar. Lamai tapai sendiri adalah perpaduan dari dua macam makanan, yaitu lamang (terbuat dari beras pulut/ketan putih dan santan yang dimasak dengan bumbu dan berbungkus daun pisang) dan tapai hitam (terbuat dari beras pulut hitam yang sudah difermentasi dengan ragi).

Sensasi unik begitu terasa. Meski agak lengket, namun lamang tapai memiliki rasa yang gurih (dari lamangnya), dipadu dengan rasa asam dan manis (dari tapai hitamnya). Bauran rasa itulah yang membuat lamang tapai begitu khas dan berbeda dari makanan lain yang berasal dari Sumatera Barat. Tapi jangan harap bisa menemukan lamang tapai di restoran padang sebab lamang tapai biasanya tidak dimasak secara massal dan tidak semua orang yang pandai memasak masakan padang, bisa membuat lamang tapai dengan enak.

Seporsi lamang tapai memiliki porsi yang besar dan disajikan masih dengan batang bambu. Maka, sebaiknya lamang tapai dinikmati secara bersama-sama dengan teman atau keluarga. Seporsi lamang tapai seharga Rp 40 ribu sudah bisa dinikmati oleh sekitar 5 orang. Selamat menikmati sensasi rasa unik dan khas lamang tapai. Bon appettite!

Read 74 times