Sunday, 27 October 2013 03:39

Soto Kuning Khas Racikan Bogor

Written by

Bagi kamu penggemar kuliner kaki lima yang sudah bosan dengan jajanan Jakarta, perlu mencoba jajanan kaki lima di Kota Bogor. Dengan iklim yang relatif sejuk, Kota Hujan ini menawarkan keragaman cita-rasa kuliner yang unik dan tentu saja lezat, salah satu yang spesial adalah Soto Kuning Pak Yusuf.

Soto Kuning Pak M. Yusuf yang terletak di Jl. Surya Kencana, Gg. Aut, Bogor ini patut dicoba ketika kamu sedang berkeliling di sekitar Kebun Raya Bogor maupun kawasan pecinan di Jl. Surya Kencana. Soto yang dikelola secara turun-temurun dan sudah sampai pada generasi ke-3 ini memiliki rasa rempah yang khas. Sekilas tampilannya mirip dengan soto betawi, berwarna kuning pekat dan berisi aneka daging, tetapi setelah kamu cicipi, akan terasa bedanya. Isi dari soto sudah pasti santan berkuah kuning, irisan tomat, daun seledri, bawang goreng, serta isian utama yaitu potongan daging sapi, paru, usus, babat, serta jeroan lainnya atau daging bagian kepala. Buat yang ngga suka jeroan, jangan khawatir karena untuk isian utama, pembeli diberi kebebasan untuk memilih jenis daging sesuai dengan selera masing-masing. Berbagai jenis daging sudah dipotong dan disiapkan berupa lembaran yang siap dipotong-potong kecil kembali untuk disuguhi kepada pembeli. 

Makan soto kuning ini akan lebih nikmat ditambah dengan emping dan perkedel yang dijual secara terpisah. Pembeli tinggal memilih perkedel yang sengaja ditaruh di piring di tengah meja. Harga semangkuk soto kuning khas Bogor beserta nasi ini adalah Rp. 25.000. Ketika kamu hendak mencari di mana kedai Soto Kuning Pak Yusuf, jangan terkecoh dan membayangkan tempat makan yang nyaman di dalam sebuah ruangan bergaya restoran karena soto kuning ternyata hanya dijajakan melalui tenda di trotoar pinggir jalan (berada persis di sebelah kiri jalan, terletak setelah Bank BII). Biarpun memiliki tempat yang sederhana, sejumlah selebritas hingga pejabat, sering mampir, loh!

Jam buka soto ini dari jam 8 pagi sampai sekitar jam 5 sore. Tapi jangan kecewa kalau sebelum jam 5, tenda sudah tutup karena biasanya soto sudah habis sebelum jam 5 sore, apalagi saat hari libur atau Sabtu dan Minggu.

Read 74 times