Friday, 27 January 2012 03:45

Soto Padang “Sutan Mangkuto”

Written by

Ketika seorang kawan mengajak mencicipi soto padang, rasanya terdengar agak asing. Seperti apa ya soto dari Padang? Kami pun melaju ke kawasan Pasar Baru. Menurut kawan, di Jakarta hanya ada satu tempat yang melegenda di mana kita bisa merasakan enaknya soto padang.

Tepatnya di Jl. Pintu Air No. 26, Jakarta Pusat (dekat Pasar Baru) berlokasi Soto Padang Haji Sutan Mangkuto atau orang biasa menamainya dengan sebutan Soto Mangkuto. Meski ber-AC, namun interior rumah makan ini sangatlah tipikal restoran padang dengan interior yang konvensional. Kawan yang mengajak saya kemari, bercerita bahwa sejak kecil, ia sudah sering makan di sini bersama orangtuanya. “Dulu tempatnya belum sebagus ini,” ujarnya. Kawan saya itu telah berumur setengah baya, artinya restoran soto ini telah berdiri di Jakarta selama puluhan tahun, mungkin jauh sebelum saya lahir.

Ketika saya mengomentari lembaran menu yang hanya menampilkan aneka minuman, kawan saya pun tersenyum dan menjelaskan pada saya bahwa di sini hanya ada satu menu, tak lain dan tak bukan, ya, soto padang. Benar saja, seorang pelayan yang datang menyapa memang sekedar menanyakan jumlah pesanan dan pilihan minuman saja.
Tak lama kemudian, pesanan kami datang. Semangkuk soto padang berukuran kecil menyerupai sajian soto kudus, terhidang di hadapan saya, bersama sepiring nasi dengan kerupuk di atasnya. Isian soto adalah bihun serta daging dan paru dengan kuah berwarna gelap. Aromanya begitu harum dan rasanya sangat gurih dan enak. Saya pun langsung melahapnya selagi hangat.

Karena ukurannya yang tidak besar, tentu saja, tampaknya semangkuk soto tidak cukup. Kami pun menambah soto lagi dan merobek bungkusan plastik isi paru dan keripik balado sebagai pelengkap. Harga semangkuk soto padang mangkuto sebesar Rp 23 ribu. Cenderung agak mahal jika dibandingkan dengan soto lainnya, tetapi karena ini persoalan rasa dan nama yang telah melegenda, harga pun tak jadi masalah buat para pelanggan yang terus datang hingga malam hari.

Soto Padang H. St. Mangkuto

Jl. Pintu Air No.26, Jakarta Pusat

Read 20 times