Thursday, 13 January 2011 04:14

Yang Unik dan Langka dari Jawa Timur

Written by

Jajanan khas Jawa Timur ini memang bisa dibilang telah langka. Bayangkan saja, selama kami berlibur di Malang sekitar satu minggu, kami hampir tidak menemukannya di berbagai toko/depot oleh-oleh kota itu.

Baru ketika pada suatu pagi kami mampir ke rumah teman, dan kebetulan seorang tukang sayur bertandang ke rumah teman kami itu, di situlah kami melihat beberapa bungkusan daun pisang dalam kantung kresek bening. Teman kami langsung menanyakannya pada si tukang sayur apakah itu gatot. Beruntung kami akhirnya bisa menikmati hidangan ringan yang kini tengah begitu sulit ditemukan tersebut.

Gatot adalah jajanan pasar tradisional yang mungkin hanya bisa dinikmati di beberapa daerah Jawa Timur, seperti Malang. Tak heran mengapa makanan ini sangat jarang ditemukan sebab untuk membuatnya, membutuhkan waktu yang lama dan tentu saja bukan perkara mudah. Gatot yang umumnya dibungkus daun pisang ini memiliki warna hitam, terbuat dari singkong yang dikupas dan sudah dikeringkan lebih dari satu hari sehingga menyebabkan warna singkong menjadi gelap. Rasanya unik: tidak manis juga tak asin, melainkan layaknya singkong goreng atau rebus, namun agak gurih. Hidangan gatot ini tidak disajikan sendiri, tetapi dikombinasikan bersama tiwul (yang manis berwarna kecokelatan), horok-horok (terbuat dari beras, berbentuk lonjong warna-warni dan lengket di mulut), dan ditaburi dengan parutan kelapa. Perpaduan itulah yang kemudian pula menjadi dinamakan cukup dengan sebutan gatotsaja. Untuk mendapatkan sensasi khas kombinasi gatot, semuanya harus dimakan secara bersamaan, maka rasa manis dari tiwul dan gurihnya gatot serta parutan kelapa akan membuat lidah mencicipi kesedapan dan keunikan ketika mengunyahnya bersama horok-horok yang empuk dan agak lengket begitu sampai mulut kami.

Sebungkus daun pisang (porsi kecil) gatot harganya hanya sekitar Rp 3 sampai 5 ribu. Sungguh nilai yang terlalu murah untuk jajanan yang pembuatannya sulit dan memakan waktu cukup lama. Bagi Anda yang berencana ke Malang, Jawa Timur, jangan sampai tidak mencoba gatot. Cobalah untuk mencarinya di pasar-pasar tradisional pada pagi hari.

Read 24 times