Menyatu dengan Alam Bersama CICO Resort


Berlokasi sekitar 6 km dari Stasiun Kota Bogor, CICO Resort hadir dengan nuansa dan pengalaman menginap yang berbeda. Memang tak berlokasi di pusat kota. Namun, justru itulah yang membuatnya punya sesuatu yang unik.

Bogor dengan panorama dan nuansa alam pegunungannya telah lama menjadi salah satu destinasi favorit warga Jakarta dan sekitarnya. Selain akses yang relatif dekat, Kota Bogor dinilai cukup atraktif dengan sajian kuliner dan udara sejuknya di mana kita dapat menikmati kota tua yang hijau dengan rindang pepohonan. Sebagian turis mungkin menyukai akomodasi di pusat kota di sekitar Kebun Raya Bogor, tetapi bagi mereka yang mencari alternatif lain, dapat mengarah sedikit menjauh ke kawasan Cimahpar. Di sanalah CICO Resort berlokasi, tepatnya di Jl. Tumenggung Wiradireja No. 216.

Sebagai sebuah kompleks penginapan, CICO Resort menawarkan sesuatu yang lain. Yakni, suasana yang mungkin tak dimiliki oleh hotel-hotel yang berada di pusat kota. Begitu memasuki kawasan resort, nuansa sejuk dan adem langsung terasa dengan banyaknya pepohonan besar yang tumbuh rindang. Ada juga kolam ikan dan sungai alam kecil yang membelah area resort. Siapa pun yang menginap di CICO Resort akan merasakan atmosfir yang dinamis dan tak kaku seperti hotel-hotel yang mendiami bangunan vertikal dengan puluhan lantai.  

Di CICO Resort pengunjung tidak menginap di kamar-kamar serupa hotel modern, tetapi rumah dengan beberapa kelas. Sehingga, CICO Resort tidak direkomendasikan buat wisatawan yang hendak bepergian atau menginap sendiri. Dalam satu rumah tersedia fasilitas standar layaknya rumah tinggal yang terdiri dari teras depan, ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dan dapur. Cocok bagi keluarga atau wisatawan dalam kelompok kecil maupun besar.

CICO Resort juga didedikasikan untuk mendukung upaya pelestarian alam Indonesia. Begitulah penegasan yang tertera pada salah satu media promosinya. Selain terdapat kantor organisasi non-pemerintah yang bergerak di bidang pelestarian lingkungan, kampanye atau ajakan bertema itu pun tersebar di beberapa titik dekorasi, yakni bagian kantor pemasaran dan ruang rapat utama.

Menariknya, CICO Resort pun memiliki beberapa program dan kegiatan bertema lingkungan di mana pengunjung, terutama usia anak-anak dan remaja, dapat belajar gaya hidup yang ramah lingkungan, seperti pembuatan kompos, kebun organik, pengenalan proses gula aren, tangkap ikan, daur ulang sampah, dan lainnya. Kegiatan itu dilakukan di area kebun yang sengaja dibuat di dalam kawasan resort. Selain itu, ada pula sarana olahraga yang diintegrasikan dengan kegiatan olahraga atau outbound dalam kelompok, termasuk rafting. Untuk mengikuti program dan aktivitas tersebut, pengunjung tak harus menginap, sehingga rombongan atau kelompok anak sekolah kerap tampak ramai di akhir pekan. CICO Resort pun memiliki restoran/kafe yang terbuka untuk umum.

Meski dapat pula diperuntukkan untuk acara-acara organisasi atau perusahaan, seperti rapat dan workshop, tampaknya untuk hal tersebut CICO Resort perlu memperbaiki dan meremajakan fasilitas. Saat ini, ruang rapat dan fasilitas pendukungnya masih tampah jauh dari standar pelayanan hotel dengan ketidaknyamanan berupa kerapihan, kebersihan, bahkan air pendingin ruangan yang bocor dan menetes.

Karena memiliki area yang terbuka, kucing-kucing juga berkeliaran dengan bebas di dalam kawasan. Tentu saja hal itu tak akan mengganggu kenyamanan pengunjung jika kucing-kucing jinak itu tak beredar di area restoran atau kafe yang pula terbuka. Menyantap makanan sesehat dan seenak apa pun bisa jadi membuat siapa pun terasa kesal jika harus ditunggui kucing. Atau malah menemukan sesama pengunjung hotel yang justru makan sambil melemparkan sisa tulang untuk diberikan kepada kucing-kucing yang mampir.

Kekurangan lain dari CICO Resort yang mendiami kawasan dengan kontur fisik yang berundak-undak itu adalah desain lingkungan outdoor dan indoor yang tak ramah difabel, terutama pengguna kursi roda atau tongkat. Ada banyak ruang dan fasilitas yang dibangun dengan mengikuti kemiringan lahan dan sebagian besarnya hanya bisa diakses melalui tangga.

Mungkin akan lebih baik ke depannya bagi CICO Resort untuk dapat menghadirkan pengalaman dan nuansa alam yang unik tersebut bersamaan dengan peningkatan pelayanan dan fasilitas. Apalagi, CICO Resort menawarkan suatu konsep akomodasi yang melampaui fungsi bagi siapa pun untuk sekadar menginap atau melepas lelah di Kota Bogor.