Inovasi Produk bagi Keberlanjutan Kepariwisataan

Inovasi diandaikan sebagai darah kehidupan karena keberadaannya yang penting dan membawa pertumbuhan dan perkembangan, termasuk dalam industri pariwisata.

Read more...

Pariwisata Berkelanjutan dan Pengembangan Pariwisata Bahari

Pariwisata bahari merupakan alternatif pariwisata berkelanjutan, di mana wisatawan diharapkan dapat berpartisipasi langsung mengembangkan konservasi dan memiliki pemahaman mendalam tentang ekosistem lautan dan pesisir.

Read more...

Glamping: Tren yang Merespon Pasar & Konservasi

Pariwisata kian berkembang dan mengalami beragam modifikasi untuk menyesuaikan diri sebagai industri dan kajian yang mengusung kekinian. Bukan hanya hendak mencari peluang bagi potensi pasar, melainkan pula menjawab persoalan zaman. Menarik ketika suatu arus tren dalam beberapa tahun terakhir merambah kaum urban Jakarta: glamping!

Read more...

Partisipasi Sebagai Kunci Keberlanjutan

Kritik terhadap corak “pariwisata modern” yang didominasi oleh karakter kapitalistik, pembangunan fisik berskala besar, serta cenderung bersifat eksploitatif, telah memunculkan gelombang “pariwisata alternatif” yang terus dikampanyekan dan berkembang secara global pada 3 dekade terakhir. Tuntutan terhadap gerakan pariwisata alternatif adalah jelas sebagai suatu tandingan bagi kian meluasnya laju mass tourism yang terbukti lebih banyak menimbulkan dampak negatif terhadap persoalan ekonomi, sosial-budaya, dan lingkungan, terutama di kawasan dan masyarakat sekitar destinasi pariwisata berada. Bersamaan dengan itu, wacana keberlanjutan pariwisata (sustainable tourism development) seolah menjadi hal yang tak mungkin ditampik lagi.

Read more...

DMO Sebagai Strategi Pariwisata

Pariwisata merupakan konsep multi-dimensi yang kompleks. Melihat pariwisata sebagai keilmuan, membuat kita menyadari bahwa perjalanan bukan sesuatu yang sederhana, tapi melibatkan persoalan dan penemuan. Sebagai implikasi dari perjalanan manusia tersebut, pariwisata merupakan studi yang mampu menjelaskan berbagai hal, mulai dari kegiatan ekonomi, sosial-budaya, lingkungan, politik, hukum/kebijakan, maupun fenomena global lainnya.

Read more...

Peran Strategis Daerah Transit dalam Industri Pariwisata

Daerah transit memiliki peran yang tak bisa dianggap kecil bagi proses perjalanan wisata. Lalu seperti apakah peran strategis daerah transit? Apakah daerah transit memiliki kemungkinan menjadi destinasi pariwisata itu sendiri?

Read more...

Prinsip Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan

“Pembangunan pariwisata harus didasarkan pada kriteria keberlanjutan, artinya bahwa pembangunan dapat didukung secara ekologis dalam jangka panjang sekaligus layak secara ekonomi, adil secara etika dan sosial terhadap masyarakat.” (Piagam Pariwisata Berkelanjutan, 1995)

Read more...

Resensi Buku: Pentingnya Pariwisata Berkelanjutan dalam Perencanaan

Jauh ketika pariwisata baru akan diprediksi sebagai sebuah industri terbesar dan paling berpengaruh dengan beragam peluang yang menggiurkan, Edward Inskeep telah mampu melampaui itu semua.

Read more...

  • Best Hotels

  • Popular Places

  • Food Lover

  • Desa Wisata

 
 
 
 
 
 
 
 
You are here: Home Tourism Studies Planning and Development

Newsletter

Subcribe
1067772
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
186
421
1889
886362
8781
19042