The One & Only Pork Festival in Town!

Oleh Nurdiyansah Dalidjo

Gemar makan babi, tapi masih berpikir susah mau cari warung atau resto yang khusus menyajikan babi di Jakarta? Well, sebetulnya ngga juga. Sebelumnya, kami pernah mengulas rekomendasi tempat-tempat makan babi di Jakarta. (Berburu Babi di Jakarta http://www.jejakwisata.com/your-destination/food-lover/248-berburu-babi-the-best-pork-in-town.html.) Jadi seharusnya tak ada persoalan ya untuk referensi kuliner babi. Tapi kalau kamu merasa agak bosan dengan yang ada atau hmmm... Sedikit ingin membabi buta dengan membayangkan menemukan sebuah lokasi di mana segala hidangan berbahan babi berkumpul jadi satu! Yup, fantasi kamu bisa jadi kenyataan dengan kehadiran sebuah festival Pork & Roll di Jakarta.

Pork & Roll (#porkandrolljkt) pertama kali diselenggarakan di Central Park Mall pada April 2016 lalu. Festival kuliner bertema babi itu langsung menyedot perhatian para pemburu babi dan berhasil menyedot hampir 20 ribu pengunjung dalam dua hari penyelenggaraan. Masih di tahun yang sama, kini Pork & Roll bakal kembali diselenggarakan pada akhir pekan Juli 2016 di lokasi yang sama. Pada festival yang kedua ini, akan ada 52 tenant yang berpartisipasi dengan santapan babi berbagai bentuk dan rasa, mulai dari penyajian western style, peranakan, hingga olahan babi tradisional dari beragam pelosok Nusantara. Kata siapa babi bukan bagian dari makanan tradisional Indonesia!

Pada acara gathering yang diselenggarakan oleh tim panitia sebelum festival dimulai beberapa waktu lalu, kami mendapat kesempatan untuk berbincang dengan kreator di balik Pork & Roll ini: Mia Lukmanto.

“Saya sendiri suka ya makan babi,” ia bercerita bahwa pada awalnya festival ini berangkat dari ketertarikan pribadi mencari kuliner babi.

Tentu saja Mia tidak sendirian. Ada banyak kawan dan tak sedikit dari kita menggemari kekhasan olahan babi. Berangkat dari kesenangan itulah ia dan timnya terpikir untuk mencoba berbagi rekomendasi sajian babi sekaligus ikut mempromosikan industri kuliner yang segmented ini kepada publik.

“Awalnya sempat, sih, terpikir apakah akan ada penolakan atau kontroversi ya dengan festival ini,” ungkapnya sedikit berterus terang. “Tapi justru pengunjung antusias sekali!” Maka berselang hanya beberapa bulan saja dari festival yang pertama, dilangsungkanlah Pork & Roll Vol. 2 di tahun ini!

Usai berbincang sebentar, tibalah saatnya mencecap aneka kuliner babi yang tersedia!

Penjelajahan awal terhadap meja makan, kami mulai dengan menyantap sajian babi dengan aroma western style, peranakan, dan tradisional!

Salah satu yang memiliki rasa unik adalah milik Bacon Up, yaitu berupa dua lapis donat yang tengahnya diisi dengan bacon. Sekilas memang tampak sebagai sajian sederhana dan tak ada yang spesial. Tapi aroma manis yang harum membuat kami tergiur untuk mencicipi. Inilah keunikannya: mereka menyiram maple syrup di atasnya. Selain kombinasi rasa manis dan gurih, adonan donat yang mereka buat patut dicoba! Spesial!

Tenant lain dengan olahan babi secara tradisional yang membuat rasanya sulit dilupakan adalah Holy Pig dan Sei Kupang Yummy. Yang pertama soal Holy Pig. Terus terang saja, dari sisi tampilan, mungkin tak begitu menarik. Pemilik tenant menyajikannya pada meja dengan cara yang amat apa adanya. Tapi kata orang bijak, kita tidak menilai makanan sebelum mencicipinya, toh! Holy Pig terdiri dari sajian nasi teri berbungkus daun pisang yang dimakan dengan babi goreng dan sambal. Terdengar amat biasa?! Tunggu dulu, babi gorengnya yang masih merah ternyata punya rasa yang gurih dan amat khas bumbu peranakan Pontianak! Dan perpaduan antara nasi teri yang beraroma ketika dimakan dengan babi dan sambal, ternyata punya sensasi rasa yang begitu babi dan amat khas Indonesia.

“Sambalnya pedas sekali, ya!” ungkap seorang pengunjung.

Tentang Sei Kupang Yummy, ini bisa jadi yang paling kamu nanti. Tak mudah menemukan kuliner khas dari Kupang ini di Jakarta. Maka, kami juga tak ingin melewatkan kesempatan untuk menyantapnya.

Ternyata rasanya persis sama dengan sei yang biasa kita beli di Kupang. Karena takjub dengan cita rasanya yang sama persis, kami pun berbincang dengan si Empunya Sei Kupang Yummy. Kami bertanya tentang bagaimana dia bisa mendapatkan aroma kayu bakar yang persis sama.

“Kami pakai kayu yang beraroma khusus,” kata lelaki muda itu. “Yang bikin beda memang dari kayu yang dipakai.”

“Dari mana dapat kayu itu di Jakarta?”

“Ini kami olah di Kupang dan kami bawa kemari,” jawabnya.

Pantas luar biasa! Sebab, inilah sei yang benar-benar asli dari Kupang.

Sebagian dari brand yang berpartisipasi, mungkin terdengar asing karena banyak dari mereka adalah start-up yang selama ini hanya bisa dijumpai pada bazaar khusus atau pemesanan secara online. Tapi tak sedikit dari mereka yang hadir adalah nama-nama yang pastinya sudah terdengar akrab di telinga dan lidah para penikmat babi ibukota, seperti Bakso Subur, Bakmi Berkat, Bubur Babi Ubud, Sate Babi Arang, Nyonya Thjia, Sate Babi Pramuka, Warung Seminyak, dan lain-lain.

Untuk tahu informasi banyak tentang festival ini, kamu bisa langsung berinteraksi dengan akun Facebook dan Instagram mereka di “porkandrolljkt.”

Mari, jadi bagian dari perayaan terhadap keragaman kuliner Indonesia, salah satunya babi! Pork & Roll is the one and only pork festival in town that will pig you out for sure.

  • Best Hotels

  • Popular Places

  • Food Lover

  • Desa Wisata

 
 
 
 
 
 
 
 
You are here: Home Your Destination Food Lover The One & Only Pork Festival in Town!

Newsletter

Subcribe
1070188
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
1258
555
4305
886362
11197
19042